Friday, October 7, 2016

Kesan minggu pertama ngampus

Tolong minta perhatiannya sebentar ya, Yang merasa Maba tolong angkat tangan! #SeniorBeLike

Ya kali gue akan membahas topik yang tema nya nggak jauh" dari dunia Perkuliahan. Karena apa? yes bener aja karena gue baru banget masuk kuliah aka kampus aka universitas aka gazeel cross #buum, oke lupakan yang terakhir. Jadi akhrinya setelah TK SD SMP SMA akhirnya sekarang gue  udah kuliah 'iya gue tau nyet'. Setelah menempuh perjalanan panjang selama 12 tahun dengan title siswa sekarang gue udah ber evolusi menjadi mahasiswa #buum #bodoamat .



Okey kembali ke judul, Jadi seperti yang kalian tau atau baru tau atau yang ga tau sama sekali, Kehidupan mahasiswa itu ternyata beda banget ( ngga banget juga sih ) dari pas lo masih duduk bangku di sma. Perbedaan ini biasanya berasa pas lo lagi berada pada masa" awal masuk kuliah kayak gue sekarang ini. Tapi hal ini ngga berlaku bagi lo yang bisa langsung nyesuain diri ke lingkungan yang baru ini dengan cepat dan tepat. Tapi se cepat cepatnya ya pasti lo masih butuh pencitraan dikit dikit lah, yakali langsung "bro ntar kita jedanya lama nih, gue numpang tidur yah dirumah lu", atau "bro minta thetering wifi dong, sinyal gue jelek nih disini"  YA engga gitulah, semua orang butuh pencitraan juga kali. Oke jadi kesimpulannya Fuck Pencitraan itu Bullshit apalagi pada masa" awal ngampus kayak begini.

Okedeh dari pada kebanyakan nge intro langsung aja deh,

Hal hal apa aja sih yang bakal lo rasain di masa masa awal ngampus?

1. Senior Ribet


"KALO LEWAT PAKE PERMISI KEK, GAPUNYA MULUT YA?"
"GUE GAK MAU TAU POKOKNYA HARUS KAYAK GITU"
"LAH NAWAR NAWAR, LO KIRA PASAR"
"KENAPA GAK SENENG LO HA?"
"SOPAN DIKIT KEK SAMA SENIOR"
"YANG GA SENENG SAMA GUE COBA ANGKAT TANGAN"

Yaa pasti lo akan berjumpa dengan makhluk spesial yang dikenal maha benar dan maha segalanya ini di penjuru kampus. Dan kalo lo lagi apes, bisa banget lo di serang dengan berbagai macam skill natar otodidaknya yang gabakal di pelajarin di kampus. Dan kalo udah kaya gitu, cuma ada 2 pilihan. Lo mau nurut ikutin apa aja yang dia suruh biar lo ngga dihukum. (padahal itu udah dihukum ) atau, Lo bertahan dengan berbagai macam spekulasi, yang pada ujungnya lo pasti bakal salah. And setelah lo salah trus ujung2nya dihukum juga, disitu juga lo bakal mengakui bahwa  #SeniorIsFuck #SeniorIsPerfectionist .

2. Kelas gue dimana?


"EHH KELAS LO DIMANA?"
"EHH KALO 3E4 DIMANA SIHH?"
"EH MATKUL INI DIMANA SIHH?"

Biasanya sih ini berlaku buat lo yang masih ga ngerti gimana cara ngebaca ruang kelas di KRS. Yaa biasanya sih kalo angka pertama di depan itu menerangkan kelas lo di lantai segitu, nah untuk 2 huruf kebelakangnya lo improf aja sendiri dengan pergi ke lantai itu dan liatin anak2 kelas lo pada masuk ruang mana, kalo gue sih gitu.

3. Jeda antar Matkul Jauh


Nah ini bedanya sma sama kuliah, kalo di sma jadwal pelajarannya uda fix dari senin sampe jumat segitu gitu aja kalo di kampus beda2 sesuai sama KRS masing. Dan bakal bete banget kalo lo dapet Matkul yang jedanya jauh banget kaya dari JKT- Bekasi. Nah mulai dah tuh berasa kalo lo yang punya temen paling lo ngider2 gajelas keliling kampus, ke perpus, mesjid, kantin, ukm, atau ke tongkrongan kampus lo masing2. Kalo gue sih karena jedanya lama gila dari jam 10 sampe set 4 gue mendingan balik trus tiduran dah dirumah.

4. Kantinnya mahal banget


A: " Buset dah bro Nu green tea 10 ribu, udah kayak di puncak "

Ya ini nggak berlaku bagi lo mahasiswa yang ke kampus naik H2R atau Lambhorgini Veneno ya, kayaknya ngga ada yang punya juga sih di Indo. Oke, biasanya jajanan di SMA itu lebih murah murah ya ketimbang di kampus karena menunya masih nyerempet2 menu jajanan pas smp, mie, nasi goreng, nasi kuning, dll lah. #Nah di menu kampus sebenernya ga jauh beda dari itu, cuma gatau kenapa harganya jadi lebih mahal gitu, mungkin itu karena efek gue di swasta kali yah? gatau juga sih. Cuma biasanya yang bikin mahal tuh gara2 hal sepele, yaitu menu makananya dibikin jadi bahasa inggris yang jadi seolah olah itu  makanan nggak mainstream2 banget dan bikin harga jualnya jadi rada mahal. Inilah salah satu dampak negatif globalisasi di lingkungan kantin bagi para mahasiswa.

5.  Parkirannya juga mahal


A: " Yah yang bener aja nih parkir sehari 6 ribu "

Yang kampusnya swasta biasanya pengelola parkirnya bukan dari kampusnya juga nih, nah karena pengelolanya bukan dari kampus maka masih menerapkan sistem parkir per jam. Nah bagi lo yang biasanya pas SMA parkir bayar 2 rebu aja rada nggak ikhlas, nah di kuliah mau ngga mau dah lo harus bayar lebih banyak lagi. Tapi biasanya pengelola parkirnya ngadain kaya member card gitu jadi bayar parkirnya bisa per semester gitu.

6. Dosen Telat mulu


" Maaf yah anak anak, rumah bapak jauh "

Kalo di SMA lo paling males sama guru yang on time, nah di kuliah malah sebaliknya. Lo bakal males sama Dosen yang datengnya telat mulu. mending telatnya cuma 10 sampe 15 menit. Ini telatnya setengah jam lebih. Dan setelah lo merasakan efeknya apa dari dosen yang dateng telat itu, mulai dari bosen nunggu datengnya sampe ngantuk dan konsen buat belajar, Sedikit demi sedikit pola pikir sma tentang guru dateng telat itu menyenangkan bakal luntur karena disini lo mulai sadar kalo di posisi ini lo yang butuh dosen, bukan dosen yang butuh lo.

7. Ikut UKM kebanyakan


A: " Lo ikut UKM apa aja? "
B: " Bem ,Futsal, Basket, Pecinta Alam, Rohis, Rohkris, Radio Kampus, Grafiti , Theater, Karate,  Baksos, Hima komunikasi , Hima akuntansi, Hima management ..."
A: " Semuanya aja pak lo sebutin"
B: " Ya gapapa, kan biar pengalaman gue banyak buat di CV "

Ya mungkin beberapa kampus waktu di ospek hari terakhir ada penampilan dari tiap UKM buat nge promoin groupnya masing2. Dan disana bakal ada doktirin berjamaah kalo lo aktif ikut kegiatan2 di kampus bisa bikin lo jadi begini laah begitu laah, yaa emang bener sih. Cuma ada nih beberapa maba yang entah salah perhitungan atau emang ngebet banget ikut banyak ukm sampe2 di kampus kerjaanya bukannya belajar malah sibuk ngurusin ukmnya itu. Nah kalo udah begitu kan bikin repot sendiri kalo tiba2 lulusnya jadi semester10 atau lebih.

8. Punya temen se angakatan yang umurnya jauh


* Baru akrab sama temen baru *
A: " Eh umur lo berapa bro? "
B: " 25 bro, lo berapa? "
A: "*duhh salah nanya nih*"

Nah kalo di sma temen lo yang paling tua paling cuma beda 2-3 tahun. Nah kalo di kuliah ini fariannya lebih banyak. Jadi jangan bingung kalo waktu di kelas lo ngeliat kayak ada mas2 / mba2 yang lagi duduk juga sederetan sama lo. Dan jangan juga lo jaga jarak sama mereka2, karena ya dia juga mahasiswa sama kaya lo juga. Jadi yaa anggap aja kaya temen biasa.

9. Nyatet materi lengkap banget


A: " Pak slidenya jangan di ganti dulu, belom selesai saya nyatetnya"
S: " Yahelah gausah semuanya juga di catet kali, yang penting2 aja "

Kebiasaan di sma suka banget catetan penuh padahal yang di catet ngga penting2 banget biasanya masih suka kebawa2 nih pas awal masuk kuliah. Berbekal pengalaman yang di ceritakan oleh senior yang mengulang di mata kuliah tersebut sih katanya kalo pelajaran A gausah di catet semuanya. catet aja contoh2nya. Soalnya ntar pas tes disuruh analisa  ini masuk ke yang mana, gitu. Nah begitulah kata kak senior yang udah berpengalaman.

10. Kangen SMA
tolong fokus! tulisannya ada dibawah

Nah kalo yang ini sih emang gabisa bohong. Kehidupan di kampus emang 180 derajat berubah dari pas masih di SMA. Jadi wajar banget kalo lo masih rindu akan ruangan kelas yang rame sama temen2 lo. Cabut pelajaran bareng2, Ulangan ngebet bareng2, Di omelin bareng2,  Remednya juga bareng2, Olahraga bareng2, ke kamar mandi bareng, ke kantin, ke mesjid, ke parkiran, ke perpus, kerumah temen, jalan jalan keluar, semuanya bareng2 sama temen seperjuangan yang sekarang cuma jadi kenangan indah pas masa sma. Aduh parah gue kangen banget sma :(

Jadi seperti itulah hal-hal yang (mungkin) akan di rasakan bagi kalian para mahasiswa baru aka maba yang polos seperti diriku ini. Buat yang masih SMA pesen gue sih Bersenang senanglah kalian sebelum menjadi mahasiswa , karena kehidupan di kuliah tidak lebih menyenangkan dari pada kehidupan pas SMA. Gue aja sampe sekarang masih belom dapet nikmatnya jadi anak kuliahan, mungkin karena masih dalam masa transisi kali ya? .

Oke deh thank you banget yang udah mau baca tulisan gue ini. Kalo kalian pernah ngerasain hal-hal yang sama atau ada hal-hal yang lebih gobs dari yang gue tulis diatas ini jangan lupa komentar ya di comment box. Thx



About Us

PinoBlog

pinoblog adalah personal blog milik alvinopandu, blogger yang hobinya nge explore hal - hal random. Berisi tentang keseharian sang author, keluh kesah hidup, review review gapenting , dan hal-hal aneh diluar nalar lainnya...Selengkapnya




Facebook


Followers