Saturday, March 19, 2016

Caranya anak SMA dapet Uang Tambahan


Kebutuhan semakin tinggi tapi jajan tetap pas pasan. Yak begitulah keadaan beberapa pelajar yang ada di era modern ini. Biasanya Fase fase kritis itu berada di akhir bulan ( bagi yang di kasih jajan bulanan ) tapi ada juga yang baru awal bulan langsung tekor karena hal tadi yaitu Tingginya kebutuhan yang harus segera di penuhi. Misalnya nih bagi yang kelas 3 sma , harus menanggung beratnya bayar uang kas , beli lks , bayar jaket almamater , bayar buku tahunan , bayar uang promnight , dan bayar uang perpisahan kelas , tapi semua itu gak berlaku bagi lo yang memiliki orang tua yang baik dan tentunya punya duit juga, tapi gimana kalo yang orang tuanya ngga ngasih uang karena berbagai macam alasan tertentu.  Hmmm kalo gue sih masuk kategori Fifty fifty sih , jadi ngga semuanya gue nombok sendiri tapi kadang kadang juga suka di bayarin sama ortu.

Nah dilatar belakangi oleh persoalaan itu , banyak juga nih pelajar pelajar ( sebut aja temen temen gue ) yang bisa mengkondisikaan keadaan tersebut , istilah lain mereka juga nyari nyari uang tambahan buat nutupin segala macam 'tagihan' yang udah gue tulis di atas tadi. Nah kali ini gue pengen ngasih tau sedikit tips gimana Caranya anak SMA dapet Uang Tambahan.

Oke langsung aja nih gue kasih tau gimana caranya. Cara ini udah mulai banyak bertebaran di sekolah gue , yaitu jadi Joki Tugas Sekolah. Yes jasa ini biasanya sering muncul di penghujung semester dikarenakan pada saat itu pula tugas sekolah lagi banyak banyaknya. Jasa ini cukup populer dikelasan gue akhir akhir ini karena beberapa guru kalo udah bingung nyari nilai gimana biasanya berujung pada ngasih tugas. Dan tugas nya kadang kadang ada yang tidak pandang buluh, ada yang disuruh ngerjain 80 nomor di folio trus pake soal dan penyelesaiannya, ada yang 100 nomor , bahkan kalo lagi hilaf ada yang nyampe 150 nomor lebih #BOOM and btw itu baru satu pelajaran yah belom yang lain.

Melihat dari kaca mata siswa , fenomena ini sangat membuat galau beberapa siswa . Ada yang berfikiran "mendingan gini dah dari pada ulangan" Ada yang berfikiran seperti ini. "Gila yah, ini guru kaga pernah ngajar tapi hobby banget ngasih tugas " Nahh yang berfikiran kedua ini lah yang biasanya ujung ujungnya menggunakan jasa joki karena mager nulis sekian banyak gak ada faedahnya. Btw kalo gue sih orang yang berfikiran pertama :D

Sekarang gue mau bahas soal teknisnya nih, disimak yak barang kali minat jadi joki.
Joki ini biasanya selalu ngejain tugas tugasnya lebih awal dari pada orang orang yang lain supaya dia bisa langsung membuka jasa jokinya tersebut , ibarat kata kuliah sambil kerja lah. Setelah tugas dia sendiri udah selesai baru lah si joki ini nawarin jasanya ke orang orang yang lagi pada hepi hepi alias yang pada belom ngerjain tugas itu. Setelah minat baru lah negosiasi terjadi , pemberian harga dilihat dari berapa banyaknya jumlah halaman / nomor, dan dari berapa lamanya waktu pengerjaan tugas tersebut. Setelah harga cocok barulah pesanan siap di kerjakan. Untuk metode pembayaran ada beberapa jenis metode yang ditawarkan , mulai dari yang langsung lunas , dp dulu , bayar pake cara lain , dan ngutang pun juga masih berlaku untuk jasa ini.

Oke untung urusan hasil sih masih menganut pepatah Ada uang ada barang. Oke maksudnya apa?
Yaa sebenernya ini sih hoki hokian kalo lo dapet joki yang beruntung , lo bisa dapet harga murah , tulisan rapi , tepat waktu , dan dikerjakan setulus hati. Tapi kalo lo lagi gak bernasib baik bisa aja apa yang lo pesen ke si joki itu bisa ngga sesuai dengan apa yang lo harapkan. oke gue kasih contohnya nih

Gambar 1

Gambar 2

Nah dari kedua gambar diatas bisa gue simpulkan bahwa:

Gambar pertama, itu adalah contoh joki yang benar. Bisa dibayangkan nulis pake pensil dengan jumlah nomor yang banyak banget tapi tulisannya masih enak di baca dan di tambah gambar grafiknya masih terlihat jelas.

Dan untuk gambar yang kedua bisa terlihat dimana letak ke curangannya? yak betul yaitu si joki ngelongkap nomer soalnya alias korupsi nomor. Ini bisa cukup fatal kalo tugas ini diberikan oleh guru yang cukup teliti dan killer , bisa bisa di omelin dan disuruh nulis ulang.

Nah untuk yang bertanya berapa sih profitnya menggeluti jasa beginian? Yaa sebenernya balik lagi ke niat sih ya, misalnya elo lagi bener bener butuh duit dan kalo minta duit ke ortu cendrung gak dikasih , lo bisa mencoba jasa ini . Lumayan cuma modal niat , alat tulis , fisik yang kuat dan waktu yang cukup lo bisa dapet duit buat beli macem macem barang yang lo pengen.

Gue pernah nanya ke temen gue yang berprofesi sebagai joki , sebut aja si dorip (nama disamarkan)
Si dorip ini waktu gue sempet nanya kedia . Dalam dalam sehari kalo dia lagi nge joki, minimal dia dapet 50 ribu (minimal yah) . Dan pernah juga dia ngejoki dapet 150 ribu #BOOM , tapi itu tergantung dari ke siapa dia ngejokiinnya. Misalnya sama langganan biasanya lebih murah , tapi kalo sama orang baru harganya bisa lebih mahal , tapi tetep bisa di negosiasi kok namanya juga temen ye gak?

Oke jadi seperti itu lah Tips dan cerita tentang Caranya anak SMA dapet Uang Tambahan , semoga bisa menjadi refrensi bagi lo kaum kaum muda yang lagi butuh duit tanpa minta ke ortu , and semoga ga ada guru yang baca post ini supaya dia gak tau kalo Di balik tugas tugas rapi para siswa , terdapat banyak joki yang bekerja keras untuk dapet uang jajan tambahan.
Kalo pendapat gue pribadi sih yaa sah sah aja sih selama ngga ketauan ama guru nya :D

Kalo pendapat lo gimana? , komen di bawah YAA!

About Us

PinoBlog

pinoblog adalah personal blog milik alvinopandu, blogger yang hobinya nge explore hal - hal random. Berisi tentang keseharian sang author, keluh kesah hidup, review review gapenting , dan hal-hal aneh diluar nalar lainnya...Selengkapnya




Facebook


Followers