Saturday, March 19, 2016

Caranya anak SMA dapet Uang Tambahan


Kebutuhan semakin tinggi tapi jajan tetap pas pasan. Yak begitulah keadaan beberapa pelajar yang ada di era modern ini. Biasanya Fase fase kritis itu berada di akhir bulan ( bagi yang di kasih jajan bulanan ) tapi ada juga yang baru awal bulan langsung tekor karena hal tadi yaitu Tingginya kebutuhan yang harus segera di penuhi. Misalnya nih bagi yang kelas 3 sma , harus menanggung beratnya bayar uang kas , beli lks , bayar jaket almamater , bayar buku tahunan , bayar uang promnight , dan bayar uang perpisahan kelas , tapi semua itu gak berlaku bagi lo yang memiliki orang tua yang baik dan tentunya punya duit juga, tapi gimana kalo yang orang tuanya ngga ngasih uang karena berbagai macam alasan tertentu.  Hmmm kalo gue sih masuk kategori Fifty fifty sih , jadi ngga semuanya gue nombok sendiri tapi kadang kadang juga suka di bayarin sama ortu.

Nah dilatar belakangi oleh persoalaan itu , banyak juga nih pelajar pelajar ( sebut aja temen temen gue ) yang bisa mengkondisikaan keadaan tersebut , istilah lain mereka juga nyari nyari uang tambahan buat nutupin segala macam 'tagihan' yang udah gue tulis di atas tadi. Nah kali ini gue pengen ngasih tau sedikit tips gimana Caranya anak SMA dapet Uang Tambahan.

Oke langsung aja nih gue kasih tau gimana caranya. Cara ini udah mulai banyak bertebaran di sekolah gue , yaitu jadi Joki Tugas Sekolah. Yes jasa ini biasanya sering muncul di penghujung semester dikarenakan pada saat itu pula tugas sekolah lagi banyak banyaknya. Jasa ini cukup populer dikelasan gue akhir akhir ini karena beberapa guru kalo udah bingung nyari nilai gimana biasanya berujung pada ngasih tugas. Dan tugas nya kadang kadang ada yang tidak pandang buluh, ada yang disuruh ngerjain 80 nomor di folio trus pake soal dan penyelesaiannya, ada yang 100 nomor , bahkan kalo lagi hilaf ada yang nyampe 150 nomor lebih #BOOM and btw itu baru satu pelajaran yah belom yang lain.

Melihat dari kaca mata siswa , fenomena ini sangat membuat galau beberapa siswa . Ada yang berfikiran "mendingan gini dah dari pada ulangan" Ada yang berfikiran seperti ini. "Gila yah, ini guru kaga pernah ngajar tapi hobby banget ngasih tugas " Nahh yang berfikiran kedua ini lah yang biasanya ujung ujungnya menggunakan jasa joki karena mager nulis sekian banyak gak ada faedahnya. Btw kalo gue sih orang yang berfikiran pertama :D

Sekarang gue mau bahas soal teknisnya nih, disimak yak barang kali minat jadi joki.
Joki ini biasanya selalu ngejain tugas tugasnya lebih awal dari pada orang orang yang lain supaya dia bisa langsung membuka jasa jokinya tersebut , ibarat kata kuliah sambil kerja lah. Setelah tugas dia sendiri udah selesai baru lah si joki ini nawarin jasanya ke orang orang yang lagi pada hepi hepi alias yang pada belom ngerjain tugas itu. Setelah minat baru lah negosiasi terjadi , pemberian harga dilihat dari berapa banyaknya jumlah halaman / nomor, dan dari berapa lamanya waktu pengerjaan tugas tersebut. Setelah harga cocok barulah pesanan siap di kerjakan. Untuk metode pembayaran ada beberapa jenis metode yang ditawarkan , mulai dari yang langsung lunas , dp dulu , bayar pake cara lain , dan ngutang pun juga masih berlaku untuk jasa ini.

Oke untung urusan hasil sih masih menganut pepatah Ada uang ada barang. Oke maksudnya apa?
Yaa sebenernya ini sih hoki hokian kalo lo dapet joki yang beruntung , lo bisa dapet harga murah , tulisan rapi , tepat waktu , dan dikerjakan setulus hati. Tapi kalo lo lagi gak bernasib baik bisa aja apa yang lo pesen ke si joki itu bisa ngga sesuai dengan apa yang lo harapkan. oke gue kasih contohnya nih

Gambar 1

Gambar 2

Nah dari kedua gambar diatas bisa gue simpulkan bahwa:

Gambar pertama, itu adalah contoh joki yang benar. Bisa dibayangkan nulis pake pensil dengan jumlah nomor yang banyak banget tapi tulisannya masih enak di baca dan di tambah gambar grafiknya masih terlihat jelas.

Dan untuk gambar yang kedua bisa terlihat dimana letak ke curangannya? yak betul yaitu si joki ngelongkap nomer soalnya alias korupsi nomor. Ini bisa cukup fatal kalo tugas ini diberikan oleh guru yang cukup teliti dan killer , bisa bisa di omelin dan disuruh nulis ulang.

Nah untuk yang bertanya berapa sih profitnya menggeluti jasa beginian? Yaa sebenernya balik lagi ke niat sih ya, misalnya elo lagi bener bener butuh duit dan kalo minta duit ke ortu cendrung gak dikasih , lo bisa mencoba jasa ini . Lumayan cuma modal niat , alat tulis , fisik yang kuat dan waktu yang cukup lo bisa dapet duit buat beli macem macem barang yang lo pengen.

Gue pernah nanya ke temen gue yang berprofesi sebagai joki , sebut aja si dorip (nama disamarkan)
Si dorip ini waktu gue sempet nanya kedia . Dalam dalam sehari kalo dia lagi nge joki, minimal dia dapet 50 ribu (minimal yah) . Dan pernah juga dia ngejoki dapet 150 ribu #BOOM , tapi itu tergantung dari ke siapa dia ngejokiinnya. Misalnya sama langganan biasanya lebih murah , tapi kalo sama orang baru harganya bisa lebih mahal , tapi tetep bisa di negosiasi kok namanya juga temen ye gak?

Oke jadi seperti itu lah Tips dan cerita tentang Caranya anak SMA dapet Uang Tambahan , semoga bisa menjadi refrensi bagi lo kaum kaum muda yang lagi butuh duit tanpa minta ke ortu , and semoga ga ada guru yang baca post ini supaya dia gak tau kalo Di balik tugas tugas rapi para siswa , terdapat banyak joki yang bekerja keras untuk dapet uang jajan tambahan.
Kalo pendapat gue pribadi sih yaa sah sah aja sih selama ngga ketauan ama guru nya :D

Kalo pendapat lo gimana? , komen di bawah YAA!

30 comments:

  1. Kayanya guru-guru disekolah lu kejam-kejam semua deh. Mana tugas yang dikasih ga manusiawi lagi, untung sekolah gua ga separah itu. Tugasnya masih manusiawi, jadi ga ada joki ngerjain pr deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenrnya gue udah rada tebiasa sih dengan tugas segitu banyak, dan udh terbiasa engga ngejoki juga :)

      Delete
  2. Jasa ngetik gak ada nih? Gue pernah di tawarin nih. 2000 per lembar buat bahasa indonesia, 4000 lembar buat bahasa inggris. Lumayan banget kan. Kreatif kreatif. Duit bisa dari mana aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan tugas disekolah gue sih rata" di tulis pake tangan semua. Jarang yg disuruh ngetik gitu

      Delete
  3. hahaha, joki bisa jadi alternatif ternyat abuat anak SMA. selain joki tugas, joki 3 in 1 juga bisa tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain itu, blog juga menggiurkan sih kalau buat ngehasilin duit. job review, lomba blog. asik deh tuh~

      Delete
    2. Yoi bener. Duit bisa dateng dari mana aja asal pinter manfaatin peluang :)

      Delete
  4. Waahh boleh juga nih, alternatif banget buat anak-anak sekolah yang pengen cari duit. Tapi kayaknya job tersebut berlaku buat anak yang lumayan pintar aja bro, yang masih dibawah standar mah pasti cuman ngikut beli tugas di joki juga.

    Selain itu, saran dariku, kayaknya jualan online shop juga bisa nambah uang jajan. Soalnya di jaman sekarang kan pada punya gadget semua tuh, jadi bisa dipergunakan bikin online shop buat nambah uang jajan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Online shop kan modalnya lumayan. Kalo ini kan modalnya sangat minim bahkan gratis

      Delete
  5. Wkwkwl... cerdik juga. Kalo menurut gue gapapa sih. kan saling menguntungkan. ehem...

    Di sekolah gue nggak ada yang namanya joki tugas. Tapi, gue pernah ada tugas TIK buat bikin desain produk, dan temen-temen pada kagak bisa. akhirnya dimintalah gue bantuan, gue bilang "berani bayar berapa?" niatnya sih becanda. eh malah ditanggepi serius. Yaudahlah... lumayan. wkwkw. Kalo itu termasuk joki kah?

    ReplyDelete
  6. Wah, kalo gue dulu pernah joki ngepel lapangan alun alun kota, gimana? Gue hebat gak?

    Ngerjain pr nya kok dikertas sih! Seharusnya kan dirumah?

    ReplyDelete
  7. Alvino kurang beruntung... saya banyak kenalan di Dinas Pendidikan karena itu lingkup kerja saya di kampus. Salah satunya bahkan punya posisi tinggi di pengelolaan dan pendidikan Sekolah Menengah Atas. hahahaha... duh laporin ga yaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya kurang berutung apa ya? Jangan dilaporin dong, ntar joki" lain bisa tertutup mata pencahariannya haha =D

      Delete
  8. Asal halal sah aja, kalau haram udah jauhin aja deh, dosa lo ntar, hahahaha

    Cuman remfong juga sih yah. Aku sendiri bakal KO kalau jadi joki. Gimana guru sekolahmu juga pada ngasih soal buanyak kayak gitu, itu niat banget ngebunuh muridnya. Kalau jamanku SMA, buat nambah duit jajan mah jualab pulsa. Lumayan lah, dapet2 tambahan duit jajan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo soal hukumnya apa sih kayaknya masih abu abu nih ya :D
      Iya, jual pulsa lumayan jua sih. Tapi sekarang realitanya temen yg jualan pulsa malah sering banget di utangin kalo sekarang

      Delete
  9. Vin, kemaren rasanya blog ini gak gini desainnya. Kenapa ganti lagi? HEm.. Keknya lo gak puas dengan template sebelumnya. Makanya, buatan sendiri kemaren yg hitam2 bagus, lho..

    Oke, bahas materi. Ternyata jalan buat dapetin duit itu banyak banget, ya Vin. Gile aja, sehari bisa 150rb, kalah sama uang jajan gue 2 minggu, itu.. Buset.. Terus, lo gak penah pengen nyoba jadi Joki juga, Vin? kan lumayan... dapet 50rb buat pemula...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenrnya yg kemaren bagus sih , cuma ada sedikit problem sama headingnya dan gue pusing bgt buat nge fix in itu :(
      Sebenernya gue mau aja sih ngejokiin, cuma tulisan gue jelek jadinya gak ada yg mau :(

      Delete
  10. Pekerjaan sampingan yang cukup kreatif :)

    Lumayan, buat nambah duit jajan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi nih, lumayan buat nambel" kebocoran akibat pengeluaran yg sadis :D

      Delete
  11. Cerdas!
    .
    .
    Tapi gimana buat anak SMA yg nggak pinter2 amat dalam jal pelajaran kayak mtk ipa dan eksak lainnya?

    Harusnya lo tulis juga dong kalau judulnya cara siswa sma bisa dapet tambahan. :D

    Kayak bikin2 kerajiban tangan dll.. Gitu2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Joki disini maksudnya itu ngerjain pekerjaan yg sama ( ibarat kata tinggal copas ) jadi apa susahnya kalo tinggal nyalin :D

      Delete
  12. Duh jadi serasa balik lagi ke dua tahun kebelakang jadi anak smk liat soal matematika yang bejibun gitu dan pusingnya mikirin jawaban :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang gausah pusing2 , serahkan saja pada joki :D

      Delete
  13. ya ampyuuunn... gila yaaa... bikinin tugas di bayar. lha gue dulu bikinin tugas temen gratisan aja. cuma dapat 3M. alias Makasih, makasih, makasih :D

    50 RIBU itu pendapatan dia dari satu orang, apa dari beberaa orang? misal satu tugas 10ribu gitu.

    lha kalo joki nya curang gitu longkap longkap nomer apa nanti nilainya nggaj jelek? guru kan pasti meriksa

    ReplyDelete
  14. Klo nyari "kliennya" di sekolah swasta (apalagi yg elit) bayarannya tambah banyak ya?

    ReplyDelete
  15. Anyiiiing itu tugasnya kok edan banget -_- 80 soal 100 soal 150 soal -_- wkwkw

    tapi ngomongin duit dari jasa ngerjain tugas, aku pernah dong. waktu SD wkwkwk :p

    ReplyDelete
  16. Ada lagi Joki tugas. Tapi by the way Di sekolah gue kok gue belum pernah yak nemuin Joki tugas.

    ReplyDelete

About Us

PinoBlog

pinoblog adalah personal blog milik alvinopandu, blogger yang hobinya nge explore hal - hal random. Berisi tentang keseharian sang author, keluh kesah hidup, review review gapenting , dan hal-hal aneh diluar nalar lainnya...Selengkapnya




Facebook


Followers