Main Roadbike gak musti Mahal

Hallo gengs hari ini PinoBlog mau coba sedikit bercerita tentang kesibukan atau hobby lebih tepatnya yg gue lagi gemari pas lagi kondisi pandemi kaya sekarang ini. Ya seperti yg lo ketahui lah waktu awal2 pandemi itu kondisinya bener2 ngebikin kita serba salah. Mau keluar rumah bener2 dibatesin aksesnya, mau dirumah doang juga bosen bgt kan berminggu2 dirumah. Akhirnya mulailah bermunculan aktifitas2 yang sekiranya bisa menghilangkan ke bosenan karena terlalu sering dirumah, yaitu salah satunya yg mulai gue lirik pada saat itu ialah bersepeda.

Sebenarnya sepedahan bukanlah hobby baru buat gue, dari dulu gue udah suka bgt sepedahan.

Tapi itu kan dulu, jaman2 gue masih SMP yg dimana itu juga sepeda boleh minjem bukan punya gue. Nah pada akhirnya setelah gue lulus kuliah kan gabut tuh sambil nunggu ijazah, posisinya saat itu (27 agustus 2020) nah gue iseng lah main nyari2 sepeda di facebook, gue sih waktu itu nyarinya sepeda fixie karena budget yg gue punya bener2 dikit karena ya namanya baru lulus kuliah belom kerja juga, mau minta duit ke orang tua buat beli sepeda ga mungkin juga, akhirnya dengan duit seadanya gue ketemulah sama seorang yg lagi BU juga tuh di group. Dia nawarin sepeda fixie nya. Setelah dia buka harga di 600 dan akhirnya gue nego dikit di 550 dan deal yaudah gue ajakin COD an di cinere tuh (lumayan jauh bgt dari rumah gue) . 

Singkat cerita setelah itu sepeda sampe dirumah, gue tuh seneng banget. Langsung gue tes gowes keliling taman dan hasilnya not bad lah untuk harga segitu. Framenya soloist 01 yg di pilok warna hitam doff, trus velgnya juga di pilok juga warna biru, masih okelah ngga norak2 bgt. Dan setelah gue berhasil punya sepeda pertama gue itu, gue memutuskan untuk mulai serius dalam dunia pergowesan ini.

Yang pertama itu tentu aja gue musti nginstall aplikasi sport tracker yang pada intinya itu ngerekam data kita pas lagi olahraga, disini gue pake aplikasi Strava, karena penggunanya di Indo cukup banyak dan fitur fitur essentialsnya udah cukup okelah, selain itu juga bisa gue share di sosmed buat ala2 anak yg demen olahraga bgt gitu kan hehe.

Dan gue mulai rute pertama sepedahan ini ke tempat yang terbilang lumayan jauh buat pemula sepedahan yaitu gowes sekitar 60km ke daerah Pantai Indah Kapuk


setelah gowes pertama itu, gue langsung bener2 nge analyze apa2 aja yg kurang dari sepeda ini. Salah satunya adalah rem, yak bener gue baru pertama kali naik sepeda fixie dan gowes sejauh itu tanpa rem. Sungguh sulit bgt rasanya buat orang kaya gue yang kalo naik kendaraan selalu dimanjakan oleh rem kini disepeda yg gue beli ga ada remnya. Alhasil waktu pertama kali gue berangkat (masih gowes sekitar 4km) dari rumah, gue udah nyungsep di aspal gara2 ban gue nyelip di antara tutup gorong2. Sungguh opening gowes yang sangat  tidak mengenakan, tapi karena gue anaknya doyan bgt sama tantangan, tetep aja perjalanan itu gue lanjut ngga pake acara puter balik karena ada lecet2 di tangan.

Abis itu beberapa minggu setelah kejadian itu, mulailah gue berniat untuk pasang rem di sepeda gue, karena dengan adanya rem gue jadi lebih safety bgt jelas dan bisa lebih terkontrol aja kalo tiba2 di depan ada halangan yg menghadang. Gue pasang rem dan setelahnya gue rasain itu bener2 perfect bgt langsung ini sepeda. Gue pasang remnya 1 aja di bagian belakang supaya masih ada nuansa sepeda fixienya, soalnya kalo gue pasang 2 depan belakang udah kaya sepeda2 pada umumnya aja gitu kan bukan lagi kaya fixie yg terkenal dengan skid nya kalo lagi ngerem.

Abis itu gue semakin tertarik pada dunia gowes ini, gue mulai muter2 ke daerah dalem kota, dan mulai dah tuh berpapasan dengan segerombolan orang yg sepedaan super kenceng (disebut : pelotonan). Gue sempet mikir, "ah biarin dah gue sepedaan mau nyatai aja gamau ngebut2". Namun pada akhirnya gue mulai sedikit2 tertarik gitu sama orang2 yg sepedahan berepelotan itu. Gue awalnya nyoba kan mau ngikut nebeng gitu di barisan paling belakangnya (disebut : romli atau rombongan liar). Tapi anjir setelah gue coba, gila kaga bisa. Itu orang2 sepedahan pada super ngebut banget. Gue udah nyeprint sekuat tenanga tetep aja mau ngikut dibarisan paling belakang aja kaga kekejar, yg ada malah kunang2 mata gue setelah nyoba mau nempel dia. 

Dari situ gue analisis lagi tuh, kenapa sepeda2 itu bisa pada kenceng jalannya tapi orang2nya pada kaga keliatan capek. Dan gue menemukan 1 kesimpulan pada saat itu. Gue rasa ini dikarenakan sepeda mereka pada pake rasio gear yang gede. Nah gue di situ mikir mau coba upgrade, tapi setelah gue liat2 kalo mau upgrade rasio gear itu makan biaya yang lumayan banget. Yaudahlah karena gue saat itu gapunya cukup uang buat upgrade part itu, akhirnya yaudah gue putuskan buat ntar2 aja dah kalo lagi ada uangnya baru gue upgrade


Setelah beberapa bulan berlalu gue baru depet rejeki lebih nih, akhirnya setelah berfikir panjang merumuskan gimana biar sepeda gue makin enak dan gowesnya juga jadi ga cape bgt, gue memutuskan buat ngerubah style sepeda gue. Ya bener karena jujur aja gue ngerasa waktu pake fixie itu speed gue rada terbatas dengan penggunaan rasio 44:16 kaki gue masih ga cape tapi puteran cranknya itu udah kenceng bgt yg alhasil ya jadi ga efisien speed yg didapatkan. Dan gue memilih merubah style sepeda gue jadi roadbike, ya bener dari fixie gue ubah jadi roadbike dengan upgrade yang bener2 seadanya aja, karena duitnya juga seadanya. 

Sebelumnya gue udah ngelist apa aja part2 yang dibutuhin buat upgrade ke dari fixie RB, dan gue juga masih mempertahankan parts yang emang masih bisa dipake, kaya frame, rims, dropbar, stem, dll. Gue belanja rata2 dari tokopedia karena emang disana parts2nya lebih murah ketimbang gue beli dibengkel sepeda. Beberapa parts yg gue beli di antaranya

Handle rem RB, Saddle syte, Crank 52T, Rantai Shimano 105, Shifter shimano bajul, dan yang lainnya gue beli di bengkel seperti jari2, bartape, gear 13-32T, Hub freewheel, dan rem depan. Kalo gasalah dulu upgrade itu gue abis sekitaran 1,5 juta, ya duit segitu dulu cukup banyak bgt buat gue, mangkannya setelah upgrade itu sepeda gue musti bener2 serius buat sepedahan biar duit gue ga kebuang sia2. 

Awal mula ganti ke roadbike ini gue agak2 belom kebiasa. Biasanya gue ngerem pake kaki kini udah ada remnya jadi gausah susah nahan lagi. Tapi 1 sih hal yg paling berasa setelah upgrade ini adalah kalo ada tanjakan pake RB itu lebih mudah bgt ketimbang kalo pake Fixie, karena kalo RB itu ya lo tinggal ngoper aja ke gigi yg paling gede dibelakang dan itu otomatis ngehemat tenaga bgt ketimbang kalo pake fixie yg musti narik kenceng dulu dari jauh biar momentumnya dapet, itu sih salah satu alesan yg paling worth it bgt buat upgrade ke RB, karena lu tau sendiri di Jakarta banyak bgt fly over yg bener2 bikin kewer kalo misalkan belom tau teknik gowesnya kalo pake Fixie. 

Setelah gue pake RB kepercayaan diri gue makin ningkat, rute2 sepedahan gue pun berasa langsung ga ada batasan. Mau jauh hayuk, mau nanjak2 juga masih hayuk. Enak bgt dan nagih bgt sepedahan pake RB yg padahal ini RB RB an wkwk. Terus setelah gue sering bgt sepedahan di rute dalkotloop, dan rute tarkam, gue mulai tuh ngelirik2 orang elite yg sepedahnya itu rata2 diatas 70 juta semua. Buset dah gue sih awal kaya bingung ya, kok ada sih orang2 yg beli sepeda semahal itu, apa ngga sayang ya uangnya?. Namun setelah gue perhatiin ternyata di jakarta itu emang rata2 orang nya yg pake RB itu kaya kaya. Jadi yg awalnya gue heran liat orang sepedahnya 100 200 juta, eh ternyata emang harga2 sepeda RB tuh pada sekitara segituan *RB yg elite* . Gue sih mulai berfikir lagi langsung "yaudahlah gue gapapa pake sepeda yg paling ga lebih mahal dari harga sepatu sepeda mereka" tapi yaudah yg penting gue Fun dan Sehat gitu kan, karena pada dasarnya sepedahan itu emang olahraga yg buat kita sehat karena itu olahraga kardio, dan Fun nya dapet juga karena kita bisa menjelajah ketempat mana aja yg gabisa di akses pakai motor. 

Dan terlebih seperti biasa gue juga kadang suka menjadi trend setter gitu ntah dimana ya wkwk, kaya gue awalnya sepedahan cuma seorang diri karena ya emang iseng2 doang gitu. Terus tiba2 temen lama gue si iil ngechat gue dan mau ikut aktif sepedahan juga, terus temen lama gue si kiki juga ikutan, terus temennya kiki si fadhal ikutan juga, terus temen sma si akal tiba2 jadi ikutan beli sepeda juga, dan seterusnya. Gue suka bgt kaya bisa menularkan lifestyle yg menyehatkan dan seru juga gitu. Dan gue harap siapa pun lo yg baca tulisan ini, lo juga musti nyobain deh yg namanya sepedahan, karena itu menurut gue olahraga yg gabegitu cape, tapi fun bgt buat dicoba.

Okaay deh segitu dulu pembahasan gue tentang dunia persepedahan yg gue juga masih sangat amatir ya di dunia ini, tapi karena gue suka ngeshare apa2 aja yg gue tau jadi ya gue mau share aja disini, terlebih buat lo yg masih mikir kalo mau sepedahan itu terutama road bike itu mahal banget, enggaaak brooo, lu salah besar. Gue dengan budget yg super minim gini aja udah bener2 ngerasain serunya main  roadbike yg menurut gue udah bisa lah disebut sepedahan dengan roadbike. Jadi kesimpulannya Main Roadbike gak musti Mahal


Bonus 

















Alvino Pandu Maulana

Alvino adalah seorang yang sangat senang mempelajari hal-hal baru dan membagikannya ke dalam bentuk tulisan maupun visual

Post a Comment

Previous Post Next Post