Ini semua tentang Kota Palembang

apa yang terbenak di pikiran kalian dari kata " kota Palembang"



Ya itu semua memang sangat berkaitan erat dengan kota palembang ,
Kota Palembang adalah ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Palembang merupakan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan oke kita sedikit flashback tentang kota palembang ini oke.
Sejarah kota palembang pernah menjadi ibu kota kerajaan bahari budha terbesar di asia tenggara pada saat itu, kerajaan Kerajaan Sriwijaya, yang mendominasi Nusantara dan Semenanjung Malaya pada abad ke-9 juga membuat kota ini dikenal dengan julukan "Bumi Sriwijaya".kota Palembang juga dijuluki Venice of the East("Venesia dari Timur").

kota Palembang secara geografis terletak pada 2°59′27.99″LS 104°45′24.24″BT.

 Luas wilayah Kota Palembang adalah 102,47 Km² dengan ketinggian rata-rata 8 meter dari permukaan laut. Letak Palembang cukup strategis karena dilalui oleh jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan antar daerah di Pulau Sumatera. Selain itu di Palembang juga terdapat Sungai Musi yang dilintasi Jembatan Ampera dan berfungsi sebagai sarana transportasi dan perdagangan antar wilayah.

penduduk Palembang biasanya ber etnis melayu dan terkadanga menggunakan bahasa melayu yg telah disesuaikan dengan daerah setempat dan yang sekarang di kenal dengan bahasa Palembang.

Nah oke sekarang kita beralih ke Tempat wisata di Palembang,
Kota palembang juga bisa di jadikan sebagai tujuan pariwisata anda semua, karena di palembang ini tidak kalah indah dengan Bali atau yg lainnya langsung aja kita ke objek pariwisata yg pertama:

1. Sungai Musi


 Sungai sepanjang sekitar 750km yang membelah Kota Palembang menjadi dua bagian yaitu Seberang Ulu dan seberang Ilir ini merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Sejak dahulu Sungai Musi telah menjadi urat nadi perekonomian di Kota Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan[10]. Di sepanjang tepian sungai ini banyak terdapat objek wisata seperti Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Pulau Kemaro, Pasar 16 Ilir, rumah Rakit, kilang minyak Pertamina, pabrik pupuk PUSRI, pantai Bagus Kuning, Jembatan Musi II, Masjid Al Munawar, dll.
 
2.Jembatan Ampera


 Sebuah jembatan megah sepanjang 1.177 meter yang melintas di atas Sungai Musi yang menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir ini merupakan ikon Kota Palembang. Jembatan ini dibangun pada tahun 1962 dan dibangun dengan menggunakan harta rampasan Jepang serta tenaga ahli dari Jepang

3.Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Palembang

Saya dan adik saya
Terletak di pusat Kota Palembang, masjid ini merupakan masjid terbesar di Sumatera Selatan dengan kapasitas 15.000 jemaah

4.Benteng Kuto Besak

ini saya yg  foto dengan kamera hp saya
Terletak di tepian Sungai Musi dan berdekatan dengan Jembatan Ampera, Benteng ini merupakan salah satu bangunan peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam. Di bagian dalam benteng terdapat kantor kesehatan Kodam II Sriwijaya dan rumah sakit. Benteng ini merupakan satu-satunya benteng di Indonesia yang berdinding batu dan memenuhi syarat perbentengan / pertahanan yang dibangun atas biaya sendiri untuk keperluan pertahanan dari serangan musuh bangsa Eropa dan tidak diberi nama pahlawan Eropa

5. Kambang Iwak Family Park



 Sebuah danau wisata yang terletak di tengah kota, dekat dengan tempat tinggal wali kota Palembang. Di tepian danau ini terdapat banyak arena rekreasi keluarga dan ramai dikunjungi pada hari libur. Selain itu di tengah danau ini terdapat air mancur yang tampak cantik di waktu malam.


6. Hutan Wisata Punti Kayu




Sebuah hutan wisata kota yang terletak sekitar 7 km dari pusat kota dengan luas 50 ha dan sejak tahun 1998 ditetapkan sebagai hutan lindung. Didalam hutan ini terdapat area rekreasi keluarga dan menjadi tempat hunian sekelompok monyet lokal.


7.  Monumen Perjuangan Rakyat




Terletak di tengah kota, berdekatan dengan Masjid Agung dan Jembatan Ampera. Sesuai dengan namanya di dalam bangunan ini terdapat benda-benda peninggalan sejarah pada masa penjajahan.

8. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II



 Terletak di dekat Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak dan dulunya merupakan salah satu peninggalan Keraton Palembang Darussalam. Didalamnya terdapat banyak benda - benda bersejarah Kota Palembang.

wahhh kayanya sudah cukup banyak nih penjelasan tentang tujuan pariwisata di kota Palembang , sekarang saya akan membahas tentang kesenian dan budaya yg ada di Palembang

Sejarah tua Palembang serta masuknya para pendatang dari wilayah lain, telah menjadikan kota ini sebagai kota multi-budaya. Sempat kehilangan fungsi sebagai pelabuhan besar, penduduk kota ini lalu mengadopsi budaya Melayu pesisir, kemudian Jawa. Sampai sekarang pun hal ini bisa dilihat dalam budayanya. Salah satunya adalah bahasa. Kata-kata seperti "lawang (pintu)", "gedang (pisang)", adalah salah satu contohnya. Gelar kebangsawanan pun bernuansa Jawa, seperti Raden Mas/Ayu. Makam-makam peninggalan masa Islam pun tidak berbeda bentuk dan coraknya dengan makam-makam Islam di Jawa

Kesenian yang terdapat di Palembang antara lain:

1. Kesenian Dul Muluk (pentas drama tradisional khas Palembang)


2. Tari Gending Sriwijaya




 

3. Syarofal Anam



 4. Rumah adat Palembang

- Rumah Limas

- Rumah Rakit




5. Kain songket


Selain itu Kota Palembang menyimpan salah satu jenis tekstil terbaik di dunia yaitu kain songket. Kain songket Palembang merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan di antara keluarga kain tenun tangan kain ini sering disebut sebagai Ratunya Kain. Hingga saat ini kain songket masih dibuat dengan cara ditenun secara manual dan menggunakan alat tenun tradisional. Sejak zaman dahulu kain songket telah digunakan sebagai pakaian adat kerajaan. Warna yang lazim digunakan kain songket adalah warna emas dan merah. Kedua warna ini melambangkan zaman keemasan Kerajaan Sriwijaya dan pengaruh China pada masa lampau. Material yang dipakai untuk menghasilkan warna emas ini adalah benang emas yang didatangkan langsung dari China, Jepang dan Thailand. Benang emas inilah yang membuat harga kain songket melambung tinggi dan menjadikannya sebagai salah satu tekstil terbaik di dunia.


Okee nampaknya sudah cukup banyak kita membahas kesenian dan budaya di palembang , sekarang saatnya bahas yg enak enak nih , oke kita akan membahas Makanan Khas Palembang

Kota ini memiliki komunitas Tionghoa cukup besar. Makanan seperti pempek atau tekwan yang terbuat dari ikan mengesankan "Chinese taste" yang kental pada masyarakat Palembang.

1. Pempek,


Hmm mungkin makanan ini tidak asing lagi bagi kalian pencinta kuliner di indonesia ,Pempek, makanan khas Palembang yang telah terkenal di seluruh Indonesia. Dengan menggunakan bahan dasar utama daging ikan dan sagu, masyarakat Palembang telah berhasil mengembangkan bahan dasar tersebut menjadi beragam jenis pempek dengan memvariasikan isian maupun bahan tambahan lain seperti telur ayam, kulit ikan, maupun tahu pada bahan dasar tersebut. Ragam jenis pempek yang terdapat di Palembang antara lain pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek keriting, pempek adaan, pempek kulit, pempek tahu, pempek pistel, pempek udang, pempek lenggang, pempek panggang, pempek belah dan pempek otak - otak. Sebagai pelengkap menyantap pempek, masyarakat Palembang biasa menambahkan saus kental berwarna kehitaman yang terbuat dari rebusan gula merah, cabe dan udang kering yang oleh masyarakat setempat disebut saus cuka (cuko).

2. Tekwan



Makanan khas Palembang dengan tampilan mirip sup ikan berbahan dasar daging ikan dan sagu yang dibentuk kecil - kecil mirip bakso ikan yang kemudian ditambahkan kaldu udang sebagai kuah, serta soun dan jamur kuping sebagai pelengkap.

3. Celimpungan,


Celimpungan ini kalo dari jauh sekilas mirip opor ya . mirip laksan, hanya saja adonan pempek dibentuk mirip tekwan yang lebih besar dan disiram kuah santan.

4. Mie Celor


berbahan dasar mie kuning dengan ukuran agak besar mirip mie soba dari Jepang, disiram dengan kuah kental kaldu udang dan daging udang.

5. Martabak HAR


Makanan Khas dari India yang dibawah oleh Haji Abdul Razak. Berbahan dasar tepung terigu, yang diberi telor bebek dan telor ayam,kuahnya berbahan kari kambing yang dicampur kentang.

6. Pindang Patin


salah satu makanan khas Palembang yang berbahan dasar daging ikan patin yang direbus dengan bumbu pedas dan biasanya ditambahkan irisan buah nanas untuk memberikan rasa segar. Nikmat disantap dengan nasi putih hangat, rasanya gurih, pedas dan segar.

7. Malbi


mirip rendang, hanya rasanya agak manis, berkuah dan gurih.

8. Pindang Tulang


berbahan dasar tulang sapi dengan sedikit daging yang masih menempel dan sumsum di dalam tulang, direbus dengan bumbu pedas, sama halnya dengan pindang patin, makanan ini nikmat disantap sebagai lauk dengan nasi putih hangat.

9. Kue Maksubah


kue khas Palembang yang berbahan dasar utama telur bebek dan susu kental manis. Dalam pembuatannya telur yang dibutuhkan dapat mencapai sekitar 28 butir. Adonan kemudian diolah mirip adonan kue lapis. Rasanya enak, manis dan legit. Kue ini dipercaya sebagai salah satu sajian istana Kesultanan Palembang yang seringkali disajikan sebagai sajian untuk tamu kehormatan. Namun saat ini kue maksubah dapat ditemukan di seluruh Palembang dan sering disajikan di hari raya.

10. Kue Delapan Jam



 Hah kue delapan jam? ini maksutnya apa ya?, maksud dari kata delapan jam adalah karena pada saat proses pemanggangan kue ini , membutuhkan waktu delapan jam untuk mengolahnya sampai matang  ,Dengan adonan mirip kue maksubah, kue ini benar - benar sesuai dengan namanya karena dalam proses pembuatannya membutuhkan waktu delapan jam. Kue khas Palembang ini juga sering disajikan sebagai sajian untuk tamu kehormatan dan sering disajikan di hari raya.


Untuk Fasilitas Olahraga di Palembang juga di bilang sangat lengkap .kalian semua pasti tau Jakabaring sport center kan?

 itu loh sport center yg di pakai pada saat penyelenggaraan sea games 2011 di palembang, nah masih ingat kan? . Jakabaring merupakan stadion multifungsi terbesar ketiga di Indonesia setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Stadion Utama Palaran Stadion. dengan luas lahan sekitar 40 hektar ini dapat memuat hingga 36.000 - 40.000 orang dengan 4 tribun (A, B, C dan D) bertingkat mengelilingi lapangan. Tribun utama di sisi barat dan timur (A dan B) dilindungi atap yang ditopang 2 pelengkung (arch) baja berukuran raksasa. Bentuk atap stadion merupakan simbol kejayaan kemaharajaan Sriwijaya di bidang maritim yang dilambangkan oleh bentuk perahu dengan layar terkembang. Stadion ini beralamat di Jalan Gubernur H. A. Bastari, Jakabaring, Palembang.di Jakabaring juga terdapat venue venue yg bisa di bilang cukup lengkap, oke kita akan melihat beberapa venue yg ada :D


Stadion Gelora Sriwijaya



saya, oma saya , dan adik saya outdoor stadion


Venue ski air


saya dan adik saya , lagi di venue ski air



Interior Venue Menembak


saya dan papa saya dan adik saya sedang di outdoor venue



Venue Pentaque



Venue Pertandingan Renang



Venue Atletik



Venue Angkat Besi



Foto saya di depan papan stadion Gelora Sriwijaya


Indonesia adalah negara dengan beraneka ragam suku, bahasa , makanan tradisional , dan lain lain , itulah negara kita tanah air kita , kita sebagai penerus bangsa harus tetap melesatikannya agar mereka semua tidak punah di makan waktu -Alvino pandu maulana

Alvino Pandu Maulana

Alvino adalah seorang yang sangat senang mempelajari hal-hal baru dan membagikannya ke dalam bentuk tulisan maupun visual

5 Comments

  1. mau dong pempek sama tekwan nya satu bungkus,hehe...
    kayaknya maknyus,hehe..
    pengen euy hunting foto malem di jembatan ampera..-____-

    salam EPICENTRUM
    monggo mampir jg..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli aja hahaha :P , iaa nih waktu itu pengen hunting foto juga tapi kameranya ga pro jadinya hasilnya jelek :|
      oke segera meluncur ke TKP , thanks udh blog walking :D

      Delete
  2. Sesuai dgn yang dicari, trima kasih infonya... :D
    Pino masih SMP ia?

    ReplyDelete
  3. Mantap gan....jadi pengan ke Palembang :D

    min...ajarin bahasa palebang yo?

    ReplyDelete
Previous Post Next Post