Monday, March 6, 2017

Suka Duka Rambut Gondrong



" Besok ibu liat pokoknya rambut kamu harus udah rapih "
" Iya bu.. "

Ba bye akhirhnya kalimat kalimat sakral itu sudah tidak pernah terngiang lagi di kepala gue, karena sekarang gue udah kuliah Hahaha, okedeh intermezo dulu kali ya. Dari jaman gue sd, smp, sma , gue selalu berurusan sama guru karena persoalan rambut. Dimulai dari sd. Gue disuruh potong rambut kalo ngga ga diboleh ikut try out, dan karena gue lebih sayang sama rambut ketimbang sama try out akhirnya ga gue potong. Besoknya pas lagi try out tiba2 guru gue masuk ke kelas membawa gunting dan rambut gue langsung di potong di tempat. Alhasil gue ngerjain soal sambil di temani rambut2 di kerah dan di dalem seragam gue, try out yang mengesankan. Kedua pas gue smp. Mungkin di zaman smp gue udah jadi most wanted oleh seorang guru yang hobinya motongin rambut anak2. Gue ga inget berapa kali rambut gue udah kena sama dia tapi yang paling gue inget yaitu rambut gue di pernah di bikin pitak sama dia pas gue lagi upacara, sungguh ironi.  Dan pas sma lagi lagi dan lagi gue kena pas lagi momen2 mau upacara. Jadi saat itu gue dateng telat dan pas gue lagi naro tas di meja piket dan langsung mau ke barisan upacara tiba2 ada guru yang manggil dan langsung nahan gue. And then dia langsung ngebuka topi gue dan langsung nge takis rambut gue. Ga masalah sih di potong, cuma ga di depan barisan anak2 lagi upacara juga kali ya. Udah gitu segala di foto2 lagi sama gurunya parah banget lah, untung gurunya udah kena mutasi hahaha emang enak :P

Jadi seperti yang lo udah baca, manjangin rambut di masa2 sekolah itu nyaris imposible. Dan salah satu impian gue waktu disekolah yang akhirnya sekarang ter wujud adalah nanti pokoknya pas kuliah gue mau manjangin ini rambut.  Gils akhirnya 12 tahun penantian gue bisa manjangin rambut terjawab sudah di semester awal kuliah ini. Gue start manjangin rambut dari awal ospek kuliah , soalnya waktu ospek disuruh botak 2 cm waktu itu. Dan sekarang udah 6 bulan gue ga potong rambut yang menyebabkan rambut gue udah membulet kaya bohlam taman. Dan yang baru gue sadari, sebenernya punya rambut gondrong itu ngga selamanya enak. Ada beberapa suka duka yang gue rasain selama rambut gue gondrong kaya sekarang ini. Oke gue bakal bahas dari Dukanya dulu aja kali ya, lets check it out.

DUKANYA


1. Susah di sisir

Nyisir di mata gue adalah kegiatan yang sangat amat menyiksakan. Setiap kali nyisir mulut gue ga akan pernah diem, pasti selalu teriak teriak. Menurut gue nyisir itu di ibaratkan lo lagi suka sama orang trus lo berusaha buat deketin dia, eh tapi ternyata dia udah punya pacar. Sakitt bgt bro cuma pasti bakal mikir ' Yah yaudahlah' dan tetep lo lakuin itu.

2. Gerah

Lu bisa ngebayangin naik motor di jakarta siang bolong , panas lagi terik teriknya, udah gitu macet , trus kiri kanan lo mobil,  udah gitu rambut lu gondrong lagi yang bikin ga ada ruang buat udara di kepala lu. Dan saat itu lo pasti bakal mikir, rambut gondrong itu kaga enak.\

3. Ngeringinnya lama

Gue sekarang paling mager mandi. Karena kalo mandi rambut gue basah, dan udah gitu ngeringinnya perlu effort yang banyak. Dan karena hal hal ga penting itu juga gue jadi sering telat kuliah 'alesan aja sih sebenernya' gue saranin buat yang rambutnya panjang ngeringinnya jangan pake kipas, itu lama banget sumpah. Mending make hairdryer tapi ini juga ga bagus2 bgt soalnya rambut lo jadi kering bener2 kering. Jadi emang rada ribet buat ngurus hal yang satu ini.

4. Suka gatel

Nah ini juga rada ganggu nih. misalnya tiba2 rambut lu masuk ke kuping laah, turun2 ke jidat laah. emang dah caper banget ini rambut udah kaya apaan tau.\

5. Gabisa di gaya gayain

Di sisir aja udah susah, gimana mau di gayain coba. Palingan gayanya cuma 2 antara mau di kembangin atau di kempesin. Yaudah gitu2 aja.

6. Boros sampo

Nah ini nih yang paling krusial. Mau ngga mau karena rambut lu gondrong lu harus make sampo yang rada banyak ya kalo sedikit sih bisa aja cuma jadinya kurang enak aja.

7. Di panggil aneh2

' Weey kribo ' panggilan itu sudah mulai terdengar saat ini di telinga gue, litterally gue agak ga suka sama panggilan itu soalnya gue ngerasa rambut gue ngga kriboo woyy. Ahelah nyebelin banget emang sama orang2 yang kaya gitu ;\

8. Di kira belom mandi

Ya emang rambut gondrong suka disangka kaya orang belom mandi soalnya rambutnya acak acakan , ya cuma gimana ya namanya juga rambut kalo masih basah yah lemes trus kalo udah kering kan pasti bakal ngembang. Ya masa kalo rambut gue ngembang kudu gue basahin lagi pake aer biar lemes lagi gitu. ahhelaah.

9. Ukuran kepala jadi tambah gede

Make helem jadi sempit, make topi juga udah make size mentok masih aja ga muat. Trus kalo foto full body kepala jadi bagian tubuh yang paling gede, huhu udahlah mau gimana lagi yaa.

Okeey duka it's enough and now mari kita bahas sukanya.

SUKANYA

1. Terlihat berbeda

Yes ini gue banget. Dari lingkungan keluarga udah jelas cuma gue yang punya rambut se gondrong ini. Di lingkungan sodara juga masih gue yang megang nominasi rambut ter  gondrong ini. Dan di lingkungan kampus kayanya ada yang lebih gondrong dari gue sih, ya tapi at least masih bisa ke itung jari lah yang model rambutnya kaya gitu. yaa itu cukup membuat gue lebih eksklusif ketimbang orang2 yang rambutnya b aja hahaha.

2. Gausah nyisir

Nah yang ini juga mantap jiwa. Kalo orang normal tiap abis mandi pasti selalu nyisir kan. Nah kalo rambut lu gondrong lu mau nyisir atau engga itu ngga bakal beda jauh hasilnya. Jadi lo gausah ribet2 nyisir setiap abis mandi atau saat rambut lo berantakan. Kalo rambut berantakan cukup di sisir2 sendiri aja pake jari juga udah cukuplah , take it's easy braah.

3. Terlihat lebih sangar

Rambut udah gondrong, muka tinggal lo bikin garang aja dikit. Dijamin orang orang yang ngeliat lo bakal melihat lo seperti orang yang mempunyai sifat yang galak / sangar, dijamin.

4. Hemat , ngga keluar duit buat nyukur

Nah ini sih pemikiran dari bokap gue, tapi ada benernya juga sih. Misalnya orang normal nyukur sebulan sekali dan setiap nyukur itu 15 ribu. Nah kalo lu ga motong2 rambut, dalam setahun lu udah ngesafe 180 ribu, coba lu kali misalnya 5 tahun deh, udah jadi 900 ribu. Tuhh kan jadi secara ngga langsung rambut itu bisa dijadiin media investasi yang lumayan juga looh. 

5. Jadi bahan obrolan

Yang ini juga oke nih. Kalo lagi ngumpul di keluarga  rambut gue sering banget jadi bahan obrolan bude / pade gue. Ada yang bilang "wihh rambutnya kribo nih sekarang" ada yang muji muji juga " wih vino rambutnya keren ya" anjas berasa ganteng gue langsung saat itu hahaha.

6. Iconic 

Mungkin gue belom sampe tahap ini. Tapi kalo gue idealis dan tetep mau manjangin rambut sampe bener2 keribo orang2 bisa aja lebih mengenal gue karena rambut gue yang keribo itu. Tapi gue masih mikir2 sih ini soal mau gue panjangin lagi apa engga, soalnya yaa gitu...

Okedeeh seperti itulah Suka Duka Rambut Gondrong yang gue rasakan sampai sekarang ini. Banyak banget rintangan yang musti gue lalui dalam memelihara rambut ini yang sampe kadang2 gue suka frustasi sendiri pengen gue potong, tapi sayang. Oh iya btw disini gue ngga bahas2 tentang sejarah rambut gondrong ya, gue nulis ini berdasarkan pengalaman pribadi aja. Soalnya kalo di bahas tentang sejarahnya ada yang bilang gondrong itu melambangkan orang yang gamau di aturlah, simbol perlawanan lah, simbol kekuatan lah, macem2 deh kalo yang gue baca soal sejarahnya. Ya pokoknya buat lu semua cowo diluar sana yang rambutnya gondrong, Salam gondrong \m/

oh iye , karena pada minta fotonya nihh gue kasih mulustrasinyaa. Gambarnya sengaja gue grain ya biar ngga dijadiin wallpaper sama lu lu pada, hehehe :$ *otw ke polsek* *request jadiin poster dpo*

before - after 6 month


About Us

PinoBlog

pinoblog adalah personal blog milik alvinopandu, blogger yang hobinya nge explore hal - hal random. Berisi tentang keseharian sang author, keluh kesah hidup, review review gapenting , dan hal-hal aneh diluar nalar lainnya...Selengkapnya




Facebook


Followers